DOTO ZAINI

Zaini : Titik Center Ekonomi Aceh Terletak di Provinsi bukan di Kabupaten Kota
Afifuddin Acal | The Globe Journal
Senin, 22 Oktober 2012 18:36 WIB
Banda Aceh - Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta seluruh kabupaten/kota tidak mengurus dana Dekosentrasi dan Tugas Pembantuan (DTP) sendiri-sendiri ke Jakarta. Karena Aceh merupakan otonomi khusus.
"Berdasarkan UUPA, titik center otonomi Aceh terletak di Provinsi, bukan di kabupaten kota," ungkap Gubernur Aceh Zaini Abdullah, pada acara rapat kerja bersama seluruh bupati/wali Kota seluruh Aceh Senin (22/10) di gedung serba guna Kantor Gubernur Aceh.
Oleh sebab itu, setiap kabupaten/kota harus berkoordinasi dengan provinsi dalam pengurusan dana tersebut. Aceh tidak sama dengan provinsi lain. Semua aspirasinya harus disalurkan melalui Pemerintah Aceh yakni ke provinsi.
"Jangan sampai kita merusak apa yang telah didapatkan saat ini," kata Zaini.
Ia mengakui kelemahan dari Pemerintah Aceh sendiri yang kurang melakukan sosialisasi. Oleh karenanya Pemerintah Aceh akan terus berusaha untuk memberikan pemahaman pada seluruh kabupaten/kota bahwa otonomi Aceh bukan terpusat pada Jakarta, tetapi pada provinsi.
"Tahun 2013 kita akan usahakan semua akan terpusat ke provinsi,"ujarnya lagi.
Oleh sebab itu, kata Zaini, ini butuh dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan cita-cita yang sesuai dengan MoU Helsinki. Harapannya dengan terpusatnya otonomi ke provinsi, semua pembangunan di Aceh akan terus berkembang.

Komentar